Alur Pendaftaran semi-online

1. Informasi di website

  • Registrasi pendaftaran di website Unud http://pps.unud.ac.id/pendaftaran_pasca
  • Setelah website terbuka, calon mahasiswa mendownload dan membaca semua panduan yang ada di website sebelum login.
  • Lalu mahasiswa melakukan login dengan mengisi:User id : xxxxxxxx (nomor harus sama dengan nomor KTP atau SIM atau paspor)
    Password : XXXXXX (minimal 6 digit)Kemudian calon mahasiswa mengisi biodata yang muncul di website tersebut.  Ada pun data yang diisi adalah sebagai berikut.

    • Nama :
    • Tempat/Tgl. Lahir :
    • Alamat :
    • Nomor Telepon/HP :Jenis Kelamin :
    • Program Studi yang dipilih :
    • Pendidikan terakhir :
    • Institusi Pendidikan Terakhir :
    • Calon Peserta Beasiswa : □ BPPS □ Non – BPPS

2. Form biodata yang sudah diisi lalu dicetak maka peserta akan mendapatkan nomor pendaftaran. Format nomor pendaftaran adalah sebagai berikut.

Tahun Perioda kode pasca kode program kodeurut prodi no.urut.

Ketentuan :
Perioda :1 (perioda penerimaan)
Kode Pasca : 1

Kode Program :

  • Program Doktor : 1
  • Program Magister : 2
  • Program dokter spesialis combined degree : 3
  • Program Profesi : 4

Kode urut program studi/prodi disesuaikan dengan nomor urutan prodi di buku panduan, misalnya Program studi Doktor Linguistik, no.urutnya 01. Dan seterusnya sampai dengan prodi Doktor Pariwisata Nomornya 07.

Demikian juga untuk Program magister dari 01 sampai 24. PS Dokter Spesialis combined degree 01 sampai 13. Program Profesi akuntansi, Apoteker dan Dokter Hewan masing-masing 01, 02, dan 03.

Contoh nomor pendaftaran utk Prodi Doktor Kajian Budaya :

2011-1-1-1-13-001 No. urut 3 digit.

3. Selanjutnya calon mahasiswa membayar uang pendaftaran ke Bank dengan membawa biodata dan nomor pendaftaran. Peserta akan mendapatkan Nomor Peserta sekaligus sebagai nomor ujian dari Pihak Bank.

Format Nomor Peserta: No. Urut. Kode Prodi. Perioda Kode pasca. Tahun.

Contoh utk Doktor kajian Budaya kode prodinya 0103. Jadi nomor peserta pertamanya :

001-0103-1-01-11

4. Selanjutnya peserta membawa nomor peserta, tanda bukti pembayaran dari Bank serta berkas-berkas yang diperlukan ke Panitia Pendaftaran :

d/a : Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
Program Pascasarjana dan Profesi Universitas Udayana
Gedung Pascasarjana Lt-1
Jl. P.B. Sudirman, Denpasar-Bali (80232)
Telp. 62-361-223797 , Fax. 62-361-247962 ,
Email. : pascasarjana@unud.ac.id

Catatan : Pada amplop kanan atas ditulis nama dan kode program studi yang dipilih

Tatacara pembayaran pendaftaran

Calon mahasiswa membayar uang pendaftaran ke rekening Rektor Unud, di seluruh kantor Bank Mandiri dengan cara :

  • Membawa biodata dan nomor pendaftaran.
  • Tanpa mengisi formulir, tunjukkan nomor pendaftaran dengan membayar Rp.850.000,- untuk program doktor dan Rp. 750.000 untuk program magister/profesi.
  • Peserta akan mendapatkan Nomor Peserta sekaligus sebagai nomor ujian dari Pihak Bank.


Tatacara Mengikuti Ujian Seleksi

A. Test TPA dan TOEFL

Untuk test TPA dan TOEFL : dilaksanakan secara serentak dan dikoordinasikan oleh panitia. Bagi pelamar yang telah melampirkan sertifikat TOEFL/IELTS dan TPA dari Bapenas dengan nilai sesuai persyaratan dan masih berlaku, diperbolehkan untuk tidak mengikuti test TOEFL dan TPA institusional.

Calon peserta mengikuti ujian saringan masuk sesuai dengan jadual dan prosedur sbb:

  • Sehari sebelum hari ujian, calon mahasiswa wajib melihat ruangan dan tempat duduk calon mahasiswa pada saat ujian seleksi.
  • Peserta datang 30 menit sebelum waktu yang ditentukan.
  • Peserta masuk ruangan 15 menit sebelum waktu yang ditentukan.
  • Peserta harus menempati tempat duduk yang telah ditentukan dan sesuai dengan nomor pendaftaran.
  • Selama ujian, tidak diperkenankan meninggalkan ruangan kecuali seijin pengawas ujian.
  • Apabila terjadi kecurangan pada saat ujian berlangsung, pengawas harus mencatat peserta yang melakukan kecurangan dalam berita acara pelaksanaan ujian.
  • Peserta ujian yang melakukan kecurangan dinyatakan gugur.
  • Apabila waktu yang disediakan sudah habis, Pengawas mengambil lembar jawaban beserta soalnya satu persatu dari meja peserta sedangkan peserta tetap duduk di tempatnya masing-masing.
  • Pengawas menghitung jumlah lembar jawaban dan menyusun sesuai dengan nomor urut pendaftaran.
  • Setelah jumlah lembar jawaban sesuai dengan jumlah peserta, pengawas menyilakan peserta ke luar ruangan ujian.
  • Pengawas ujian wajib mengisi berita acara dan mengawasi peserta agar tidak terjadi kecurangan.

B. Untuk test kompetensi dasar dan wawancara

  • Test kompetensi dasar dan wawancara dilaksanakan oleh program studi.
  • Materi wawancara dan tes kompetensi dasar dibuat oleh program studi.
  • Nilai rentang wawancara dan tes kompetensi dasar : (0-100)
  • PS mengirim hasil nilai wawancara dan tes kompetensi dasar kepada ketua sub-kordinator paling lambat 3 hari setelah tanggal test terakhir.
  • Ketua/sekretaris subkoordinator merekap nilai wawancara dan test kompetensi program studi di lingkungannya, untuk disampaikan pada rapat tahap penentuan akhir bersama Rektor.


Tatacara Penilaian Hasil Kelulusan

  • Kelulusan calon mahasiswa baru ditentukan berdasarkan daya tampung program studi.
  • Yang dinyatakan lulus adalah ranking teratas dari hasil ujian TOEFL, TPA, tes kompetensi dasar, wawancara dan kelengkapan berkas administrasi.
  • Hasil tes kesehatan merupakan bahan pertimbangan bagi calon mahasiswa program dokter spesialis.

Tatacara pengumuman hasil kelulusan

  • Hasil seleksi diumumkan paling lambat 2 minggu setelah ujian seleksi.
  • Hasil seleksi ditetapkan dengan keputusan Rektor Universitas Udayana.
  • Hasil seleksi hanya diumumkan pada website Unud: http://www.pps.unud.ac.id/pengumuman_SMPPS
  • Pengumuman hasil seleksi bersifat mutlak, dan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak melayani gugatan dalam bentuk apapun oleh calon mahasiswa baru.
  • Panitia tidak melaksanakan surat-menyurat dengan calon mahasiswa terkait dengan pengumuman hasil seleksi ini.


Tatacara pendaftaran kembali

a. Peserta yang dinyatakan lulus dalam keputusan Rektor Universitas Udayana, berhak mendaftar ulang sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

b. Syarat-syarat pendaftaran ulang adalah sebagai berikut:

  • i. Menunjukkan ijazah dan transkrip asli kepada petugas pada saat pendaftaran ulang.
  • ii. Calon mahasiswa harus datang sendiri ke tempat pendaftaran. Pendaftaran ulang tidak dapat diwakilkan.
  • iii. Peserta harus mendaftar di tempat, pada hari dan jam yang ditentukan.
  • iv. Peserta yang tidak mendaftar pada tempat dan waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.

c. Panitia berhak atas pembatalan kelulusan calon peserta apabila peserta terbukti tidak memenuhi syarat yang ditetapkan atau informasi/berkas yang diberikan sebelumnya tidak sesuai dengan aslinya.

d. Pendaftaran dilaksanakan pada alamat berikut:

Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
Program Pascasarjana dan Profesi Universitas Udayana
Biro Administrasi Akademik Universitas Udayana
Bukit Jimbaran
Telp 0361. 701954, ext. 110

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s